• Probolinggo Kota Anggur

    Di Kota Probolinggo anda akan banyak menemukan tanaman anggur di Kota Probolinggo ini, karena banyak warga kota Probolinggo yang menanam anggur di sekitar pelataran atau lahan rumahnya serta budidaya anggur.

  • Panorama Sunset Probolinggo

    Indahnya Sunset Di Pantai Pesisir Paiton Probolinggo. Di sini anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan sunset, sebuah moment yang cukup mengesankan.

  • Night Shoot Pltu Paiton Probolinggo

    PLTU Paiton Probolinggo

  • Probolinggo Kota Mangga

    Apa yang terlintas di benak anda jika saya berkata "Probolinggo" ? Pasti semua orang orang akan bertanya tanya tentang mangga ya..

  • Batu Flower Festival 2013

    Salah Satu peserta Batu Flower Festival. Acara tahunan kota Batu.

  • Sensasi Panorama Gunung Bromo

    Apakah anda ingin melihat sebuah karya lukisan gunung yang indah? Atau mungkin anda ingin menyaksikan sebuah momen-momen sunrise terindah di Negeri ini?

Rabu, 20 November 2013

Posted by puramuzo
8 comments | 09.49
Probolinggo Kota Mangga
Probolinggo Kota Mangga - Bagi anda yang melakukan perjalanan baik dari Surabaya atau malang menuju Banyuwangi atau Bali dan sekitarnya pasti anda tahu Probolinggo. Apa yang terlintas di Benak anda jika saya berkata "Probolinggo" ? Pasti semua orang orang akan bertanya tanya tentang mangga ya. Pengalaman saya baik itu di kampus di Tempat wisata diluar kota, saat maen ke rumah teman teman saya. Ketika saya bercengkrama dan kemudian bertanya asal saya dari mana, saat saya menjawab dari "Probolinggo" langsung saja lawan bicara saya bertanya tentang Mangga. Sebegitu terkenalnya mangga di Probolinggo. 

Bahkan Dosen dan juga teman saya yang dari Jepang dan Belanda saja kadang bertanya, ketika bertemu. "Bagaimana? Apakah di Probolinggo sudah musim mangga?" Tanya beliau. Kalau sudah musim ya kudu bawain oleh oleh donk buat mereka selagi mereka di Indonesia. Karena katanya harga mangga di Jepang itu mahal sekali, kalau dirupiahkan,hehe. Di jepang per buah nya dihargai 150 - 250 yen. Atau sekitar 20 ribuan per buahnya.

Probolinggo yang juga dikenal kota Bayuangga, kota yang anginnya cukup kencang, dan cuaca yang cukup panas. Inilah yang menjadi salah satu faktor suburnya Buah mangga di Probolinggo. Karena Pohon mangga membutuhkan panas dan air yang cukup serta angin yang digunakan sebagai penyerbukannya. Selain itu banyaknya hasil mangga di Probolinggo dikarenakan hampir setiap rumah di Kota Probolinggo dan sekitarnya menanam pohon mangga 1, 2 atau lebih di sekitar pekarangannya. Jadi selain dimakan sendiri pemilik pohon ini juga menjualnya kepada pengepul buah.

Tiap bulan september oktober tiba, buah mangga baik mangga arum manis atau mangga manalagi sangat melimpah di sini. Bahkan banyak mangga hasil dari Kota probolinggo dan sekitarnya di kirim ke berbagai kota di Pulau Jawa, sampai Jakarta dan Bali. Jika anda mendapatkan harga cukup mahal di kota anda, silakan anda datang ke Kota Probolinggo, anda bisa mendapatkannya saat musim panen dengan harga murah dan masih segar tentunya.

Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun banyak yang suka buah berkulit hijau ini, katanya sih untuk oleh oleh, dan saya sarankan jika anda membeli untuk oleh oleh, sedangkan masih lama, anda lebih baik membeli mangga yang masih tidak terlalu matang, yang masih cukup muda, karena itu bisa bertahan hingga satu minggu lebih. Rasanya masih akan tetap nikmat dan manis. Sekian artikel tentang Probolinggo Kota Mangga. Ayo berkunjung ke Kota Probolinggo. by/HPI , fotografer/HPI

8 komentar:

  1. Wah entry post dengan info yang unik, menarik n kaya akan manfaat sob,...
    Jangan lupa kunjungan baliknya ya...?

    PAKET INSTALL ULANG LIMITED DVD TERMURAH,.. DITuNGGU KUNJUNGAN BALIKNYA.

    BalasHapus
  2. Selain itu..probolinggo di kenal juga penghasil alpukat mentega ya mas.
    Sy suka alpukat yg berasal dari sana :)

    BalasHapus
  3. Mangga manalagi yang gak ada Mas di kota saya Bojonegoro. Kebanyakan mangga jenis gadong.

    BalasHapus
  4. Kalo saya sukanya mangga arum manis itu gan, diprobolinggo buanyak bgt.
    biasanya kalo dari sana mobil berat ama mangga..
    Semoga semakin diperhatikan dan dikembangkan oleh pihak terkait.

    BalasHapus
  5. selamat siang dan salam perkenalan

    BalasHapus
  6. selamat siang, silahkan berkunjung ke blog saya atau langsung ke https://play.google.com/store/apps/details?id=air.PuzzleBarbie dan https://play.google.com/store/apps/details?id=air.KumpulanDongeng , ada dongeng anak dari indonesia dan puzzle bagus untuk mendidik dan mengasah kecerdasan anak, silahkan mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih. mohon maaf bila tidak berkenan

    BalasHapus
  7. wah,kapan ya saya bisa ke probolinggo,salam blogger

    BalasHapus