• Probolinggo Kota Anggur

    Di Kota Probolinggo anda akan banyak menemukan tanaman anggur di Kota Probolinggo ini, karena banyak warga kota Probolinggo yang menanam anggur di sekitar pelataran atau lahan rumahnya serta budidaya anggur.

  • Panorama Sunset Probolinggo

    Indahnya Sunset Di Pantai Pesisir Paiton Probolinggo. Di sini anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan sunset, sebuah moment yang cukup mengesankan.

  • Night Shoot Pltu Paiton Probolinggo

    PLTU Paiton Probolinggo

  • Probolinggo Kota Mangga

    Apa yang terlintas di benak anda jika saya berkata "Probolinggo" ? Pasti semua orang orang akan bertanya tanya tentang mangga ya..

  • Batu Flower Festival 2013

    Salah Satu peserta Batu Flower Festival. Acara tahunan kota Batu.

  • Sensasi Panorama Gunung Bromo

    Apakah anda ingin melihat sebuah karya lukisan gunung yang indah? Atau mungkin anda ingin menyaksikan sebuah momen-momen sunrise terindah di Negeri ini?

Kamis, 21 November 2013

Posted by puramuzo
8 comments | 07.50
Probolinggo Kota Anggur - Mungkin anda akan bertanya tanya kenapa probolinggo juga disebut sebagai kota anggur?  Seperti yang kita ketahui selain disebut sebagai Kota Mangga, Kota yang berada di Jalur pantura ini atau yang biasa di kenal dengan Pantai utara. Banyak Sekali anda akan menemukan tanaman anggur di Kota Probolinggo ini, karena banyak warga kota Probolinggo yang menanam anggur di sekitar pelataran atau  lahan rumahnya, baik sebagai penghias rumahnya, ada juga yang memilih menanam anggur supaya sekitar rumahnya bisa rindang selain itu buahnya juga dapat dipetik. Tak heran banyak warga yang menanam anggur di Kota probolinggo.

Probolinggo Kota anggur, selain karena keinginan warga untuk menanam anggur di sekitar rumahnya, tentu ini semua juga harus didukung oleh kondisi cuaca yang memungkinkan. Anggur yang banyak di Probolinggo umumnya anggur yang membutuhkan cukup banyak matahari, ini sangat cocok dengan Kota Probolinggo. Lalu juga membutuhkan air yang cukup, penanaman dan perawatan anggur di Probolinggo ini tidakla sulit, anda hanya cukup menyiram 2 hari atau 4 hari sekali itu sudah cukup. Untuk penanaman anda bisa menggunakan Pot yang besar atau bisa juga langsung ditanam tanpa menggunakan pot. 

Saya juga menanam anggur lho, dan tumbuh dengan cukup subur di belakang rumah saya, meskipun terkadang saya malas untuk sekedar menyiramnya dengan rutin ataupun memotong daun daunnya. karena, kata orang orang kalau ingin anggurnya berbuah lebat, jangan lupa untuk memotong daunnya, tapi jangan semuanya ya. Ini beberapa penampakan anggur di rumah saya. 

Probolinggo Kota Anggur


Ini merupakan anggur yang ada di belakang rumah saya, masih muda belum  cukup umur untuk dikonsumsi, masih berwarna hijau kadang kekuning-kuningan. 

Probolinggo Kota Anggur


Dan ini anggur yang sudah cukup tua dan sudah siap untuk saya konsumsi, jangan ngiler ya. Rasanya manis-manis asem. Selain Jenis anggur seperti ini. Masih ada lagi beberapa jenis anggur yang lainnya yang ada di Kota probolinggo, dan tidak kalah dengan kualitas impor. 

Di Kota Probolinggo juga dibentuk sebuah kelompok tani sejahtera di Kecamatan Wonoasih dengan kelompok tani Bangojaya di Kelurahan Sumber Taman, Pemuda Tani di Kelurahan Jrebeng Lor dan Keluarga tani Sumber Barokah di Kelurahan Pakis Taji. Kebanyakan jenis anggur yang dikembangkan adalah jenis Red Prince dan Cardinal. Kedua varietas anggur tersebut sama sama memiliki warna merah dan rasa yang manis.

Harapan saya untuk Pemkot Probolinggo atau pihak terkait, semoga terus berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan varietas anggur di Kota Probolinggo melalui para pembudidaya anggur. Serta membantu pemasaran dan asosiasi para pembudidaya Anggur, agar Kota Anggur Probolinggo semakin di Kenal. Terimakasih telah membaca artikel Probolinggo Kota Anggur. author/prem. fotografer/prem

8 komentar:

  1. kunjungan perdana sobat
    mampir di blog ku ya di http://dpbbmgue.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Anggur salah satu kesukaan saya Ka.

    BalasHapus
  3. Nie yang saya maksud soB, sudah seyogyanya masyarakat kita terutama Pemerintah tidak lupa bahwa kita itu negara Agraris. Jangan hanya bikin proyek mulu dengan mencari investor dari luar tapi mengabaikan dunia pertanian. Membeli sejata banyak, siapa yang mau diperangi, lebih baik memperkuat dunia pertanian yang pada akhirnya juga bisa memperkuat persenjataan negeri ini. hehe

    BalasHapus
  4. I love anggur,enak banget buah ini

    BalasHapus
  5. semoga saja usaha yang akan dijalaninya bisa sukses ya gan
    senang saya bisa berkunjung disini
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  6. Terima kasih untuk posting artikel ini sangat baik dan sangat membantu sekali. Aku menyukainya.

    BalasHapus
  7. Nah..kalo ini saya baru tau infonya ..
    Oh ya mas kalo bisa,captcha nya ndah usah di pasang :)

    BalasHapus
  8. kunjungan siang sambil baca posting yang sangat bermanfaat

    BalasHapus